Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Launching" Cagub Dikemas Pesta Rakyat

Kompas.com - 14/12/2012, 22:25 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Jika tidak ada aral melintang, pada 18 Desember 2012 mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan menggelar launching pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013 - 2018, di gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya kelima pasangan itu ditetapkan pada 17 Desember 2012 di KPU Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, KPU Jabar akan melibatkan beberapa elemen masyarakat seperti organisasi masyarakat (rmas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Selain itu, pihaknya juga akan mengundang masing-masing pendukung pasangan cagub-cawagub yang dibatasi hingga 200 orang.

Komisioner KPU Jabar Aang Ferdhiman mengatakan, pada dasarnya launching ini didedikasikan untuk masyarakat dengan konsep "Pesta Rakyat", dengan jumlah partisipan yang terbatas.

"Pesta rakyat ini bukan untuk perang, tapi untuk mengetahui siapa pemimpin kita yang pantas untuk dipilih, sehingga kita libatkan elemen masyarakat," jelas Aang kepada wartawan di kantor KPU, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/12/2012).

Menurutnya, pelibatan elemen masyarakat ini dimaksudkan juga untuk menyosialisasikan pasangan-pasangan cagub-cawagub yang salah satu tujuannya untuk menekan angka pemilih golongan putih (golput).

"Ini juga merupakan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya golput," katanya.

Aang menambahkan, pada hari itu juga pihaknya akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan nomor urut, dan penyerahan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Pada perhelatan Pilgub Jabar 2013 nanti, ada 5 pasangan cagub dan cawagub yang siap berkompetisi, antara lain pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, Dede Yusuf Macan Efendi-Lex Laksamana, Irianto MS. Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim, dan pasangan independen, Dikdik Mulyana Arif Mansyur-Cecep NS Toyib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com