Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daop 3 Cirebon Siapkan 4 KA Tambahan

Kompas.com - 13/12/2012, 20:00 WIB
Rini Kustiasih

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com- Menghadapi liburan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, PT Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasional 3 Cirebon menyiapkan empat kereta tambahan. Volume penumpang KA dalam liburan akhir tahun ini diperkirakan melonjak sampai 25 persen.

Volume penumpang liburan akhir tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. "Pada Natal dan Tahun Baru ini, volume penumpang diperkirakan naik 25 persen dari volume penumpang akhir pekan di masa normal," kata Kepala Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Sapto Hartoyo, Kamis (13/12/2012), di Cirebon, Jawa Barat.

Pada akhir pekan, volume penumpang dari Stasiun Cirebon mencapai 3.210 orang. Dengan perkiraan jumlah penumpang naik 25 persen dari volume penumpang akhir pekan, maka penumpang dari Cirebon tujuan Jakarta pada liburan Natal dan Tahun Baru ini diperkirakan 4.000 orang.

Adapun untuk kereta reguler tujuan Jakarta, rata-rata penumpang dari Stasiun Cirebon 2.500 orang per hari. "Untuk tanggal 25 Desember, tiket KA dengan rute Cirebon-Jakarta yang berangkat pada sore dan malam hari, yakni pukul 15.00 dan 18.00, sudah habis terjual. Penumpang sudah memesan tiket jauh-jauh hari," katanya.

Pos Koordinasi (Posko) Natal dan Tahun Baru akan dibuka selama 18 hari, yakni pada 20 Desember 2012 sampai 6 Januari di Stasiun Cirebon. Selama rentang waktu itu, empat KA tambahan akan disiagakan.

"Namun, KA tambahan akan dioperasikan secara tentatif, yakni hanya jika terjadi lonjakan penumpang. Sebab, lonjakan penumpang itu tidak terjadi setiap hari, dan hanya terjadi mendekati tanggal-tanggal tertentu, terutama mendekati tanggal 25 Desember dan 1 Januari 2013," ungkap Sapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com