Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Amplang Bandeng di Pulau Bunyu

Kompas.com - 12/12/2012, 21:45 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BULUNGAN, KOMPAS.com -- Biasanya camilan amplang berbahan baku ikan tengiri. Namun ada juga yang berbahan baku ikan bandeng. Adalah Kelompok Bina Karya Utama, di Pulau Bunyu, Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, yang membuatnya.

"Pada awalnya kami membuat amplang dari tengiri dan bandeng, tetapi ternyata banyak yang suka amplang bandeng. Kami memakai ikan bandeng laki (jenis bandeng laut)," kata Nani Suharyani, Ketua Kelompok Bina Karya, Rabu (12/12/2012).

Kelompok ini memerlukan sekitar 5 kg bandeng setiap dua hari untuk membuat amplang. "Kami menjualnya ke Bunyu, dan juga Tarakan. Bahkan banyak pesanan dari Tarakan tetapi belum bisa kami penuhi," ujar Nani.

Sejumlah 15 ibu-ibu di Bunyu, yang mayoritas bersuami nelayan ini, kini menjalankan usaha. Mereka tak hanya membuat amplang dari ikan bandeng, tapi juga abon ikan pari, abon ikan cakalang, pastel ikan, juga kripik pisang. "Selain bandeng, setiap hari kami mengolah 10 kg ikan jenis lain," ungkap Nani.

Mereka sudah mulai membuat produk hasil laut sejak tahun 2000, namun masih sendiri-sendiri. Dua tahun terakhir, mereka mendapat binaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Bulungan dan Pertamina Field Bunyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com