Selasa, 2 September 2014

News / Regional

Produk Hasil Laut

Ada Amplang Bandeng di Pulau Bunyu

Rabu, 12 Desember 2012 | 21:45 WIB

BULUNGAN, KOMPAS.com -- Biasanya camilan amplang berbahan baku ikan tengiri. Namun ada juga yang berbahan baku ikan bandeng. Adalah Kelompok Bina Karya Utama, di Pulau Bunyu, Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, yang membuatnya.

"Pada awalnya kami membuat amplang dari tengiri dan bandeng, tetapi ternyata banyak yang suka amplang bandeng. Kami memakai ikan bandeng laki (jenis bandeng laut)," kata Nani Suharyani, Ketua Kelompok Bina Karya, Rabu (12/12/2012).

Kelompok ini memerlukan sekitar 5 kg bandeng setiap dua hari untuk membuat amplang. "Kami menjualnya ke Bunyu, dan juga Tarakan. Bahkan banyak pesanan dari Tarakan tetapi belum bisa kami penuhi," ujar Nani.

Sejumlah 15 ibu-ibu di Bunyu, yang mayoritas bersuami nelayan ini, kini menjalankan usaha. Mereka tak hanya membuat amplang dari ikan bandeng, tapi juga abon ikan pari, abon ikan cakalang, pastel ikan, juga kripik pisang. "Selain bandeng, setiap hari kami mengolah 10 kg ikan jenis lain," ungkap Nani.

Mereka sudah mulai membuat produk hasil laut sejak tahun 2000, namun masih sendiri-sendiri. Dua tahun terakhir, mereka mendapat binaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Bulungan dan Pertamina Field Bunyu.


Penulis: Lukas Adi Prasetya
Editor : Nasru Alam Aziz