Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modus Razia Narkoba, Polisi Gadungan Sikat Mobil dan Uang

Kompas.com - 07/12/2012, 23:34 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi perampokan yang menimpa Sutrisno (43) di Tol Jatiwaringin, Makasar, Jakarta Timur, Jumat (7/12/2012) subuh, tergolong cerdik. Pelaku menghentikan laju mobil korban dengan berpura-pura sebagai anggota kepolisian yang tengah melakukan razia.

"Pelaku menyamar jadi polisi dengan pakaian preman, lagaknya kayak petugas reserse, mau razia katanya," ujar Kepala Seksi Humas Polsek Makasar Iptu Arif Rahman dari keterangan Sutrisno saat melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Makasar, Jumat pagi.

Menurut Arif, korban terpaksa menghentikan laju kendaraannya karena tiga orang pelaku berbadan tegap memepetnya sambil mengacung-acungkan senter lalu lintas. Layaknya polisi, korban diinstruksikan turun dari mobil untuk diperiksa.

"Mobil korban langsung dibawa kabur oleh pelaku yang sudah berada di dekat mobil korban. Itu diperdayai karena tiba-tiba mobil dibawa kabur saat korban pura-pura diinterogasi," ujar Arif.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur yang baru saja dilantik, Komisaris Besar Mulyadi Kaharni, mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berani kepada orang-orang yang mengaku anggota kepolisian. Menurutnya, masyarakat memilik hak untuk mengetahui status pihak yang mengaku polisi.

"Itu hak masyarakat, jadi harus berani bertanya mana surat perintahnya, misalnya, mana kartu tanda anggotanya, supaya tak tertipu," ujar Mulyadi.

Mengenai kasus itu sendiri, Mulyadi langsung melakukan koordinasi dengan Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Makasar untuk menyelidiki kasus perampokan tersebut.

Sutrisno, seorang pengusaha kulit sapi, menjadi sasaran perampokan di jalan tol arah Cikampek ruas Jatiwaringin, Makasar, Jakarta Timur, Jumat pukul 04.30 WIB subuh. Pelaku yang juga menggunakan mobil membawa mobil beserta uang tunai sebesar Rp 20 juta milik korban setelah memepet mobil korban dengan alasan razia polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com