Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, PSK dengan HIV/AIDS Layani Siswa SMA

Kompas.com - 05/12/2012, 18:34 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Penyebaran HIV/AIDS memang memprihatinkan warga di Situbondo Jawa Timur. Selain menemukan sebanyak 115 warga Situbondo yang mengidap penyakit mematikan tersebut, Komisi Pemberantasan HIV/AIDS (KPA) setempat juga menemukan 21 Pekerja Seks Komersial (PSK) yang dinyatakan positif menderita HIV AIDS.

Sejumlah PSK yang positif terjangkit HIV/AIDS tersebut tersebar pada beberapa eks lokalisasi di Kabupaten Situbondo. Bahkan, saat ini diketahui ada tiga orang PSK pendatang baru yang masih aktif serta memerlukan pemeriksaan medis lanjutan.

Lebih mencengangkan lagi, KPA menemukan adanya sekelompok pelajar SMA di Kota Situbondo, yang mendirikan perkumpulan atau arisan untuk mem-"booking" PSK. Temuan itu berdasarkan pengakuan salah seorang PSK yang dinyatakan positif pengidap HIV AIDS. Bahkan, hampir setiap pekan PSK di salah satu eks lokalisasi mengaku melayani siswa-siswa SMA itu.

Saat mem-"booking" PSK, para pelajar tersebut masih mengenakan seragam sekolah. Informasinya, mereka arisan sesama teman di sekolahnya, untuk menggunakan jasa PSK secara bergantian. Sayangnya, PSK tersebut tidak mengetahui kepastian asal sekolah pelajar SMA tersebut.

Anggota KPA Heryawan, mengatakan para PSK yang dinyatakan positif mengidap HIV AIDS, mereka memang mendapatkan penanganan khusus, karena rata-rata mereka berasal dari luar Situbondo. Bahkan sebagian PSK sudah pulang karena takut setelah mengetahui terinfeksi HIV AIDS. "Khusus dengan adanya pengakuan salah seorang PSK yang mengaku sering di-booking para pelajar SMA di Kota Situbondo, KPA Situbondo akan menyelidiki asal sekolah pelajar tersebut," jelas Heryawan, Rabu (5/12/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com