Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkulu Akan Menjadi Embarkasi Antara 2013

Kompas.com - 05/12/2012, 15:39 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu merencanakan akan menjadikan daerah itu sebagai embarkasi antara untuk keberangkatan musim haji 2013.

"Kami menargetkan daerah ini menjadi embarkasi antara untuk keberangkatan musim haji 2013," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu Suardi Abbas di Bengkulu, Rabu (5/12/2012).

Pihaknya telah melakukan studi banding selama tiga hari pada 30 November hingga 2 Desember 2012 ke asrama haji antara di Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk merealisasikan rencana tersebut.

"Setelah melakukan studi banding ke asrama haji antara Mataram Nusa Tenggara Barat, Kanwil Kemenag bersama Pemprov Bengkulu harus melakukan berbagai persiapan agar rencana tersebut bisa segera tercapai," katanya.

Salah satu yang harus dipersiapkan yakni kamar penginapan untuk 400 orang. Saat ini asrama haji Padang Kemiling Bengkulu hanya memiliki kapasitas 225 tempat tidur.

"Untuk mencapai 400 kapasitas tempat tidur atau mencukupi kekurangan 175 tempat tidur, Pemerintah Provinsi Bengkulu bisa membangun gedung tambahan untuk asrama haji atau menggunakan asrama Badan Pendidikan dan Latihan Provinsi Bengkulu yang lokasinya berdampingan dengan asrama haji Padang Kemiling," katanya.

Ia menyebutkan ada berbagai keuntungan bila asrama haji Padang Kemiling ditetapkan menjadi embarkasi haji antara pada 2013. "Biaya yang dikeluarkan jamaah calon haji bisa lebih hemat karena mereka tidak harus lagi menginap di embarkasi asrama haji Padang Sumatera Barat. Semua pelayanan sebelum keberangkatan ke bandara internasional King Abdul Aziz Arab Saudi cukup di asrama haji Padang Kemiling," katanya.

Guna memaksimalkan rencana tersebut, selain studi banding ke asrama haji antara di Mataram Nusa Tenggara Barat, Kanwil Kemenag Provinsi bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu juga akan studi banding ke asrama haji antara Provinsi Lampung pada pertengahan Desember 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com