Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Produk Tanpa Izin Edar Beredar di Kalsel

Kompas.com - 05/12/2012, 10:21 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Balai Pengawasan Obat dan Makanan Kalimantan Selatan menemukan ribuan pieces kosmetika tanpa izin edar beredar luas di Kalsel. Juga ditemukan obat-obatan tradisional mengandung bahan kimia obat.

Barang-barang itu ditemukan dalam razia bersama pihak kepolisian yang dilakukan dua hari kemarin di Banjarmasin dan sekitarnya.

Kepala BPOM Kalsel Dewi Prawitasari dalam acara Coffee Morning bersama pemerintah daerah, Rabu (4/12/2012), di Banjarmasin, mengatakan, jumlah kosmetik tanpa izin edar yang berhasil dirazia mencapai 7.342 buah. Adapun obat keras dan obat tradisional 10.089 buah.

Menurut Dewi, peredaran produk yang tak memiliki izin ataupun mengandung bahan berbahaya di Kalsel masih cukup banyak. Bulan Juli lalu, misalnya, BPOM Kalsel memusnahkan tiga truk jajanan anak sekolah yang mengandung boraks. Jajanan tersebut semuanya berasal dari luar Kalsel.

Pada kesempatan ini, Dewi juga menyinggung bahwa berdasarkan penelitian tidak ditemukan adanya kandungan bahan berbahaya pada ikan yang berasal dari sungai. Namun, pada produk ikan laut masih ditemukan bahan berbahaya berupa formalin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com