Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Kecil dan Menengah Berbenah Diri

Kompas.com - 04/12/2012, 11:49 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat menekankan agar pelaku usaha Indonesia, termasuk kalangan industri kecil dan menengah, berbenah diri menghadapi kian kompetitifnya persaingan. Daya saing ini dibutuhkan mengingat pada tahun 2015 akan ada pasar tunggal ASEAN di mana persaingan dengan pelaku usaha dari sesama negara di Asia Tenggara akan semakin ketat.

Mohamad S Hidayat menegaskan pentingnya peningkatan daya saing ini saat membuka Jakarta IKM Expo 2012 di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (4/12/2012). Ditekankan pula peran KADIN untuk mendukung peningkatan daya saing ini.

Berdasar data Kemenperin, jumlah usaha industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia pada tahun 2011 sebanyak 3,9 juta unit. Keberadaan IKM ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 9,14 juta orang. Kontribusi IKM terhadap produk domestik bruto Indonesia saat ini baru 10 persen dan diharapkan angka ini akan meningkat menjadi 50 persen pada tahun 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com