Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duta Wisata dan Waria Gresik Ingatkan Bahaya HIV AIDS

Kompas.com - 01/12/2012, 09:37 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com - Puluhan orang terdiri dari duta wisata Gresik Cak Yuk, waria, mahasiswa, dan aktivitis Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (1/12) menggelar aksi untuk memperingati Hari AIDS se-dunia.

Mereka berjalan mulai dari Wahana Ekspresi Pusponegoro, lalu menuju Jalan KH Agus Salim-Alun-alun Gresik Jalan KH Wakhid Hasyim dan berakhir di Puskesmas Alun-alun.

Selain membagikan stiker, "Waspadai HIV-AIDS sudah ada di sekitar kita", mereka juga membagikan selebaran ke pengguna jalan yang lewat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Jawa Timur hingga September 2012 jumlah kasus HIV pada ibu rumah tangga sebanyak 911 kasus lebih besar daripada jumlah kasus pada pekerja seks komersial (PSK) 411.

Di Gresik sedikitnya tercatat 27 kasus hingga Mei 2012. Hingga November mencapai 80 kasus.

Mamad aktivis KPA Gresik menyebutkan lebih banyaknya kasus yang menimpa ibu rumah tangga perlu perhatian khusus. "Intinya harus ada upaya sayangi keluarga. Pasangan suami istri saling setia dan tidak melakukan hubungan seks beresiko," ujarnya.

Dalam aksi ini menarik perhatian warga. Lenggang lenggok waria sambil membagikan selebaran dan stiker membuat masyarakat tersenyum-senyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com