Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Calon Gubernur" Beraksi di Monumen Perjuangan

Kompas.com - 29/11/2012, 18:59 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Kebersamaan Ahmad Heryawan, Dede Yusuf, Rieke Diah Pitaloka, Irianto MS Syafiuddin, dan Dikdik Mulyana Arief Mansur, terlihat di Monumen Perjuangan Jawa Barat, Kamis (29/11/2012). Mereka berdiri bersama-sama sebagai bentuk kepedulian terhadap Sungai Citarum.

Namun, yang hadir saat itu bukanlah yang bersangkutan langsung tapi orang yang mengenakan topeng bergambar para calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2013 mendatang. Merekalah aktivis organisasi lingkungan hidup, Greenpeace, yang sedang mengadakan aksi teatrikal untuk menghadapi Pilkada 2013.

"Kami ingin mengingatkan para calon gubernur untuk memiliki komitmen terhadap penanganan pencemaran Sungai Citarum," kata Juru Bicara Greenpeace, Ahmad Ashov Birry.

Para aktivis bertopeng wajah gubernur itu hanya berdiri di tengah kompleks monumen dengan podium dari besi. Di depannya, terdapat orang berbaju pelajar, kantor, maupun petani yang kondisinya compang camping, mereka membawa papan bertuliskan ajakan menyelamatkan Sungai Citarum.

Pada akhir aksi teatrikal itu, sebuah spanduk raksasa berwarna kuning dibentangkan di Monumen Perjuangan bertuliskan Pilih Citarum Bebas Toksik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com