Minggu, 23 November 2014

News / Regional

Ribuan Buruh Pasuruan Bergerak ke Surabaya

Kamis, 29 November 2012 | 12:46 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Ribuan buruh dari berbagai perusahaan di Kabupaten Pasuruan bergerak ke Surabaya. Mereka tersebut akan menuju kantor gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya, bergabung dengan buruh lainnya dari berbagai kota, Kamis (29/11/2012).

Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) ini berkumpul untuk menuntut pembebasan dua rekan mereka Pudjianto dan Dony Arianto yang ditahan Polrestabes Surabaya saat memimpin aksi demo buruh beberapa waktu lalu.

"Kita akan bergabung dengan kawan-kawan dari Mojokerto, Sidoarjo dan Gresik," kata Jazuli, Ketua FSPMI Pasuruan.

Para buruh yang berangkat ke Surabaya dari wilayah Kabupaten Pasuruan diperkirakan berjumlah sekitar 5.000 orang. Massa buruh ini gabungan dari beberapa perusahaan yang terdapat di kawasan industri yang tersebar di Pasuruan, di antaranya dari kawasan industri PIER Rembang, Purwodadi, Purwosari, Sukorejo, Pandaan serta Gempol dan Beji.

Menurut informasi, massa buruh yang berasal dari wilayah Timur berkumpul di pintu masuk kawasan industri PIER sambil berorasi, menunggu rekan-rekan lainnya. Sedangkan buruh yang berasal dari wilayah Selatan dan Barat berkumpul di Bundaran Apolo, Gempol, untuk bergabung dengan yang dari wilayah Timur untuk selanjutnya berangkat bersama-sama menuju Mapolda Surabaya dan Polrestabes.


Penulis: Kontributor Pasuruan, Moh. Anas
Editor : Kistyarini