Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjadi Pembunuhan, Pilkades Dijaga Ketat

Kompas.com - 25/11/2012, 18:49 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Akibat terjadinya pembunuhan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Udanwuh, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pesta demokrasi tingkat desa itu pada Minggu (25/11/2012) ini dijaga ketat. Motif pembunuhan diduga berkaitan dengan persaingan dalam pilkades. 

Pembunuhan terjadi pada Sabtu (25/11/2012) sekitar pukul 14.30 WIB, sehari sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Udanwuh. Korban tewas adalah Triyono (51), yang merupakan tim sukses dari Agus Susanto, calon petahana.

Berdasarkan keterangan warga setempat, Slamet (80), saat itu Triyono (51) mendatangi Sumeri (60) yang tengah tidur di rumahnya. Triyono membangunkan Sumeri dengan paksa dan memukulinya. Sumeri melawan, dan mengambil parang, menghantam kepala Triyono dengan maksud membela diri. Akibatnya Triyono tewas di lokasi saat itu juga.

"Motifnya diduga berkaitan dengan persaingan menjelang pilkades. Triyono adalah tim sukses dari Agus Susanto. Sumeri juga anggota tim sukses calon yang lain. Tetapi ada motif dendam juga," ujar Kepala Kepolisian Sektor Kaliwungu, Inspektur Satu Mardiyanto.

Mardiyanto menyebutkan, pengamanan pilkades kali ini diperketat. Sebanyak dua pleton unit pengendalian massa (dalmas) dikerahkan, juga 15 anggota Polsek Kaliwungu, 15 anggota Komando Rayon Militer, satu pleton petugas satuan polisi pamong praja, hingga intel dari Polres Semarang, serta anggota Linmas.

Camat Kaliwungu, Mohammad Maskuri, menyebutkan, ada tiga calon dalam Pilkades Udanwuh tahun ini yaitu Sriyono, Agus Sutanto (petahana), dan Mulyono.

Kabupaten Semarang dalam kurun November-Desember 2012 menyelenggarakan 94 pemilihan kepala desa di 19 kecamatan, salah satunya di Udanwuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com