Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Surabaya: Boikot Produk Israel!

Kompas.com - 22/11/2012, 16:22 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Aksi protes atas serangan Zionis Israel terhadap warga Palestina di Gaza terus bergulir. Di Surabaya, mahasiswa menyerukan masyarakat Indonesia untuk memboikot produk Isreal serta mendesak PBB memutus keanggotaan Israel karena dinilai telah melakukan pelanggaran HAM.

Desakan itu disampaikan puluhan mahasiswa asal Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim saat menggelar aksi di depan Gedung Negara Grahadi, Kamis (22/11/2012). Dalam aksinya, selain membentangkan poster berisi kecaman, mahasiswa juga membakar bendera Israel.

Salah satu koordinator aksi, Arif, dalam orasinya mengatakan, Israel telah melakukan pelanggaran HAM berat karena melakukan penyerangan terhadap warga yang tidak berdosa di kawasan Gaza, Palestina. ''Ini sudah masuk pelanggaran HAM berat, PBB harus tegas mengeluarkan Israel dari keanggotaannya,'' tutur Arif.

Indonesia sebagai negara yang dinilai cukup berpengaruh diminta mampu menyerukan kepada negara-negara khususnya yang tergabung dalam OKI untuk mengembargo Israel. ''Kami juga menyerukan kepada semua warga negara Indonesia juga memboikot semua produk Israel yang beredar di Indonesia,'' ujarnya.

Hingga Minggu (18/11/2012),  lebih dari 90 kali negara Israel menyerang Gaza. Tercatat,  sekitar 140  warga sipil tewas, lebih dari 300 warga terluka. Korban tewas di antaranya anak-anak dan ibu-ibu.  Korban kemungkinan akan terus bertambah lagi jika serangan terus berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com