Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kades Asnaini Terima "Perempuan Aceh Award 2012"

Kompas.com - 22/11/2012, 14:29 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Asnaini (41), seorang kepala desa pertama di Kabupaten Aceh Tengah terpilih sebagai perempuan aktif dan berkomitmen dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan mendapat Perempuan Aceh Award (PAA) tahun 2012.

Asnaini di Aula Gedung Sultan Selim II, Banda Aceh, Kamis (22/11/2012), mengaku tak percaya bisa menggeser empat nominator lainnya. "Saya sangat berbahagia, juga bangga akhirnya apa yang dikerjakan selama ini bisa memberi dampak yang luas. Tentu saja ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat di daerah kami," kata Asnaini dengan mata yang berkaca-kaca.

Asnaini adalah seorang Kepala Kampung (Reje) pertama di Kampung Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Asnani juga aktif sebagai pengurus Program Pengembangan Kecamatan (PPK) dan PNPM Mandiri Pedesaan. Selain itu, Asnaini juga dinilai berhasil menginisiasi masuknya listrik ke Dusun Luwang, sebuah dusun di kaki bukit yang dihuni 22 kepala keluarga di Desa Pegasing. Di lokasi itu, sejak Indonesia merdeka, warga belum pernah menikmati penerangan listrik.

Asnaini terpilih sebagai penerima Perempuan Aceh 2012 setelah menyisihkan empat nominator lainnya, yaitu Dwi Handayani (Ketua Komunitas Perempuan Cinta Damai, Bener Meriah), Fadlina (Komunitas Bantu Syedara, Trienggadeng, Pidie Jaya), Irawati (Relawan pendidikan non formal, Aceh Besar), dan Nurjubah (Ketua Forum Janda DOM Aceh Utara).

Penghargaan diserahkan oleh Ketua DPRA Hasbi Abdullah. Ketua Dewan Juri Syahrizal Abbas, mengatakan, Asnaini terpilih karena telah memenuhi kriteria penjurian yakni berkomitmen dan konsisten dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di tempatnya dan keberadaannya memberi dampak perbaikan di masyarakat.

Selain memberi penghargaan untuk perempuan secara individu, tahun ini pelaksana Perempuan Aceh Award juga memberi penghargaan untuk kelompok perempuan. Forum Tuha Peut Aceh Barat mendapat penghargaan itu, karena dinilai berhasil membendung kebijakan Bupati di Kabupaten Aceh Barat yang mengatur pakaian perempuan yang dinilai diskriminatif terhadap perempuan.

Forum Tuha Peut menggeser nominator lainnya, yaitu Koperasi Wanita Serba Usaha Harkat Poma Beureunuen, Pidie, dengan perbedaan perolehan nilai yang tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com