Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Kejora Kembali Berkibar di Manokwari

Kompas.com - 21/11/2012, 13:27 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com — Bendera Bintang Kejora kembali berkibar di Manokwari, Papua Barat, Rabu (21/11/2012). Bendera itu dikibarkan oleh ratusan demonstran yang berasal dari warga Papua dalam unjuk rasa mendukung simposium para petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam mempresentasikan perjuangan masyarakat Papua Barat di salah satu universitas di Amerika Serikat. Aksi unjuk rasa itu sekaligus untuk mengecam semua bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di tanah Papua.

Aksi dimulai dari samping Gedung Olahraga (GOR) Sanggeng Manokwari, Distrik Manokwari Barat, dengan pengawalan ketat aparat Polres Manokwari. Saat aksi longmarch di ruas jalan di dalam kota Manokwari, sejumlah pengunjuk rasa membentangkan bendera Bintang Kejora yang merupakan perjuangan untuk kemerdekaan penuh bagi Papua.

Selain membentangkan bendera Bintang Kejora, massa juga meneriakkan yel merdeka, serta membawa sejumlah spanduk dan pamflet yang berisi tuntutan agar segera mengusut tuntas kasus pelanggaran HAM yang terjadi selama ini di Papua.

Meskipun bendera Bintang Kejora yang diklaim oleh Pemerintah Indonesia sebagai lambang dari perlawanan kelompok separatis Papua, polisi yang sejak awal melakukan pengamanan hanya membiarkan massa terus membentangkan bendera tersebut. Unjuk rasa itu sendiri menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kota Manokwari mengalami kemacetan. Namun, suasana Kota Manokwari tetap berjalan normal dan kondusif hingga massa akhirnya membubarkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com