Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDIP Lirik Gus Ipul Calon Gubernur Jatim

Kompas.com - 20/11/2012, 21:28 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur mulai melirik Wakil Gubernur Saifullah Yusuf untuk diusung menjadi calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2013 mendatang. Padahal, santer dikabarkan, PDIP bakal mendukung Khofifah Indar Parawansa menantang Gubernur Soekarwo.

Hal itu terungkap saat Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jatim, HM Buchori, mengatakan akan mengundang Gus Ipul dalam seminar memperingati Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah, dengan tema mencari tokoh pemimpin Jatim yang bersih dan adil.

Menurut Buchori yang juga Wali Kota Probolinggo, Selasa (20/11/2012), Bamusi akan menggelar seminar itu pada 6 Desember mendatang di kantor DPD PDIP. Dalam seminar itu, pihaknya akan mengundang tiga narasumber, yakni Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj, Rektor Unmuh Malang Muhajir Efendi, dan Gus Ipul (panggilan Saifullah Yusuf).

Dari seminar itu, lanjut Buchori, diharapkan muncul sosok pemimpin Jatim masa depan yang bersih dan adil. Apalagi, imbuhnya, dirinya dan kader PDIP di bawah menghendaki warga nahdliyin yang memimpin Jawa Timur.

"Kami berharap, calon gubernur dari PDIP adalah dari kalangan nahdliyin. Sudah saatnya Gubernur Jatim adalah warga NU. Gus Ipul sendiri adalah wakil ketua PBNU. Dia kader NU tulen, dan tidak punya cacat pada PDIP. Apalagi, simpatisan PDIP di Jatim mayoritas adalah nahdliyin dan nasionalis," kata Buchori yang juga kader NU ini.

Buchori yakin, jika PDIP mengusung Gus Ipul sebagai calon gubernur, partai NU akan bergabung. Meski sesungguhnya, PDIP tidak wajib berkoalisi dengan partai lain karena sudah bisa mengusung calon sendiri dengan 17 kursi di DPRD Jatim.

Untuk mengusung calon, partai atau koalisi partai minimal memiliki 15 kursi. Dengan begitu, tidak hanya Khofifah yang digadang-gadang akan diberangkatkan PDIP. Gus Ipul, kata Buchori, masuk dalam radar PDIP yang layak jual dan berpotensi memenangkan Pilgub.

"Tentang siapa yang akan menjadi cawagubnya, lihat saja perkembangan politik nanti. Yang jelas, Gus Ipul punya peluang diberangkatkan PDIP," tegas Buchori yang juga pengurus DPD PDIP Jatim ini.

Tapi, menurut pengurus DPD PDIP yang enggan namanya disebutkan, ada dua nama yang sedang dikaji untuk menjadi cawagub mendampingi Gus Ipul. "Yakni, Wakil Wali Kota Surabaya Bambang DH, atau Wali Kota Probolinggo dua periode, HM Buchori," katanya kepada Kompas.com via SMS seraya mewanti-wanti agar namanya tak dikorankan.

Ditanya kemungkinan menjadi pendamping Gus Ipul jika benar-benar diusung PDIP, Buchori langsung menjawab, "Saya enggak mau berandai-andai," katanya singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com