Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Condong Rustriningsih dan Hadi Prabowo

Kompas.com - 20/11/2012, 17:28 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan masih condong untuk mengusung Rustriningsih ataupun Hadi Prabowo. Gubernur petahana Bibit Waluyo justru bebas karena dia paling populer di tingkat rakyat pedesaan.

"Soal ketertarikan DPP PDI-P terhadap keduanya itu wajar. Rustriningsih itu wakil gubernur juga kader, sebaliknya Hadi Prabowo itu Sekretaris Daerah Jateng juga pejabat senior," kata pengamat politik dari Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik (Puskodak) Universitas Diponegoro Semarang, Susilo Utomo, Selasa (20/11/2012) di Semarang, Jawa Tengah.

Susilo Utomo mengatakan, yang sulit ditebak adalah apakah Rustriningsih dan Hadi Prabowo maju bersama atau yang akan mendapatkan rekomendasi itu salah satunya. Mengenai gubernur petahana, Bibit Waluyo, menurut Susilo Utomo, dia terus memanfaatkan program Bali Deso Bangun Deso untuk memperkuat dukungan basis massa di tingkat bawah.

Ketua DPD Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Jawa Tengah Soejatno Pedro secara terpisah mengemukakan, pihaknya berharap Gubernur Bibit Waluyo bersedia menggandeng Wisnu Hardono selaku Ketua DPD Partai Golkar Jateng untuk menjadi calon wakil gubernur pada Pilgub Jateng 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com