Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Samarinda-Bontang Banyak Berlubang, Pengguna Jalan Frustasi

Kompas.com - 19/11/2012, 22:54 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Banyaknya lubang dan aspal yang mengelupas di ruas jalan Samarinda-Bontang, Kalimantan Timur, membuat frustasi pengguna jalan. Mereka mendesak pemerintah daerah cepat membenahi ruas jalan tersebut.

Hal itu dikatakan Eko Wartono (47), pengemudi taksi warga Manggar, Balikpapan, yang Senin (19/11/2012) mengantar penumpang ke Bontang. "Jika tidak hapal ruas jalan sepanjang 115 km ini, bahaya . Jalan ini, diaspal berapa kali pun, jika kualitas aspalnya jelek, ya akan rusak ketika truk-truk dan tronton masih lewat," ujar Eko yang dalam sebulan setidaknya 2-4 kali bolak-balik Balikpapan-Bontang mengantar penumpang.

Pantauan Kompas, ruas jalan Samarinda-Bontang ini memang banyak berlubang, aspal terkelupas, dan permukaan aspal bergelombang. Di ruas Jalan Samarinda-Bontang km76, Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, misalnya, di tepi kiri kanan jalan aspal terkelupas sehingga menonjol di pinggir jalan. Menyisakan lubang di sebelahnya. Semakin berbahaya karena tidak ada penerangan jalan.  

"Benar-benar membahayakan, apalagi untuk pengendara motor. Dengan kondisi jalan seperti ini, seharusnya diperbaiki, tidak hanya sekadar tambal sulam. Selain itu, kalau terus dilintasi truk besar, ya kapan bagusnya jalan ini," ujar Nalurita (30), pengguna jalan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com