Rabu, 17 September 2014

News / Regional

Khofifah, Idola Kader PKS Jadi Cagub Jatim

Senin, 19 November 2012 | 17:41 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 40 persen kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur dari total 60 ribu kader mengidolakan Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansyah, maju menjadi cagub Jatim periode 2014-2019. Hasil jajak pendapat internal DPW PKS Jatim yang digelar dua pekan lalu menyebutkan, popularitas Khofifah di mata kader PKS meningkat tajam dibanding hasil jajak pendapat menjelang Pilgub 2008 lalu.

''Dulu Khofifah hanya didukung 17 persen suara, saat ini melesat menjadi 40 persen suara,'' kata Sekretaris DPW PKS Jatim, Muhamad Siroj, Senin (19/11/2012).

Dukungan kepada sosok perempuan yang menjadi rival berat Soekarwo pada Pilgub 2008 lalu itu karena masyarakat Jatim dianggap membutuhkan figur pemimpin alternatif yang memiliki semangat tinggi.

"Kader PKS tampaknya juga mempertimbangkan faktor pentingnya mengakomodasi aspirasi warga NU yang menginginkan kadernya menjadi gubernur karena itu realita politik Jatim," tuturnya.

Dalam jajak pendapat itu, Gubernur Jatim Soekarwo masih di posisi pertama memperoleh 46 persen dukungan, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, 10 persen, dan Mantan Kapolda Metrojaya Untung Suharsoni Rajab hanya 4 persen. Hasil penjajakan itu, kata Siroj, akan dikirim ke DPP PKS sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan siapa cagub dan cawagub yang akan diusung PKS pada Pilgub Jatim, Agustus 2013 mendatang.


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Farid Assifa