Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Sapi Langka, Pedagang Mulai Panik

Kompas.com - 18/11/2012, 02:27 WIB

jakarta, kompas - Pedagang daging sapi melanjutkan mogok berjualan di hari Sabtu (17/11). Mereka berharap pemerintah segera merespons kelangkaan pasokan daging dan tingginya harga jual daging. Mogok dagang ini juga berimbas ke sejumlah pedagang makanan berbahan baku daging sapi.

Sekretaris Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Wilayah DKI Jakarta Sutisna mengatakan, pihaknya berharap pemerintah memperhatikan pasokan daging sapi. ”Saat ini, pasokan daging sapi sangat minim dan tidak sebanding dengan permintaan. Harganya juga melambung sangat tinggi,” kata Sutisna yang juga pedagang di Pasar Senen.

Sutisna mengatakan, sementara ini impor sapi harus dilakukan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Tanpa itu, pasokan tidak bisa mengejar kebutuhan masyarakat.

Kalaupun impor diberlakukan, sapi dari luar negeri baru akan tiba 1-2 bulan mendatang. Kebijakan impor ini harus segera diputuskan untuk mengurangi dampak kelangkaan pasokan.

Sutisna juga menjamin mogok berjualan yang dilakukan pedagang se-Jabodetabek ini masih solid. Tidak ada penjualan daging sapi di pasaran. Selain karena imbauan mogok berjualan, sapi yang akan disembelih di pejagalan juga tidak ada. Aksi ini akan dilakukan hingga Minggu. Pada hari Senin, perdagangan daging sapi akan dimulai lagi.

Sulit bahan baku

Mogok berjualan ini berimbas ke pedagang makanan yang menggunakan daging sapi sebagai bahan baku makanan mereka. Sunarno, pedagang bakso di depan Kantor Lurah Pegangsaan, Jalan Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat, mengatakan, hanya bisa mendapatkan daging beku dari pedagang langganannya.

”Biasanya, saya bisa beli daging segar. Sudah tiga hari ini, pedagang langganan saya di Pasar Rumput hanya menjual daging beku,” kata Sunarno.

Harga daging selama tiga hari terakhir ini sudah mencapai Rp 90.000 per kg. Sebelumnya, Sunarno masih bisa membeli daging seharga Rp 80.000 per kg. 

Dia mengatakan, kemungkinan akan berhenti berjualan bila sudah tidak ada pasokan daging sapi. Dalam sehari, dia membutuhkan 3-5 kg daging sapi untuk bahan membuat bakso.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com