Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh, Warga Bergerombol Dulang Emas

Kompas.com - 17/11/2012, 10:22 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Desa Sopura yang ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara tiba-tiba saja heboh dengan ditemukannya tambang emas di tempat mereka. Akhirnya ratusan warga dari tempat tersebut secara bergerombol mendatangi sungai kecil yang berjarak sekitar sepuluh kilometer dari pusat pemukiman.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com di lapangan, lokasi pertambangan emas dadakan tersebut telah digarap oleh sebagian warga sekitar beberapa yang lalu. Atas informasi tersebutlah, separuh dari warga kampung tersebut mempunyai pekerjaan baru, yakni menjadi pendulang emas dadakan.

Rasyid, misalnya, dalam ceritanya mengatakan, dirinya setiap hari berhasil mengumpulkan sekitar 20 gram emas. “Sudah beberapa hari ini kita mendulang, hasilnya adalah walaupun kecil-kecilan, sepuluh hingga dua puluh gram. Biasanya kita mulai sekitar jam sembilan pagi hingga jam lima sore,” ungkapnya, Kamis (15/11/2012) kemarin.

Dia juga menambahkan, hari pertama kawasan yang dulunya sebagai kawasan pertambangan nikel tersebut belum dipadati oleh warga, namun setelah kabarnya tersebar luas, barulah orang berbondong-bondong mendatangi tempat tersebut. “Ini kan lokasi tambang nikel, tapi sudah beberapa bulan tidak ada aktivitas tambang nikel lagi, nah ada warga yang coba-coba mendulang ternyata betul, ada emas didapatkan. Belum ada larangan dari siapa pun untuk mendulang di sini,” tegasnya.

Di lokasi yang sama, Nurjannah mengaku bersyukur kalau di tempat tersebut ada emas. Menurutnya, warga mendapatkan penghasilan tambahan. “Alhamdulillah, ini rezeki untuk kami. Ada penghasilan tambahan dari mendulang, hasilnya kita kumpul dulu nanti setelah banyak baru kita jual,” tuturnya.

Hingga saat ini, yang mendatangi lokasi tambang emas dadakan tersebut barulah warga sekitar. Pihak pemerintah daerah Kolaka pun belum menentukan sikap dan belum adanya kejelasan terkait tambang emas dadakan ini. Bahkan dikabarkan informasi telah ditemukannya tambang emas di lokasi pertambangan nikel tersebut belum diketahui pemda setempat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com