Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam 1 Suro, Taman Chandra Wilwatikta Ikut Diruwat

Kompas.com - 15/11/2012, 01:29 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ruwatan pada malam 1 Suro, Rabu (14/11/2012) malam, tidak hanya dilakukan terhadap manusia untuk tujuan tertentu. Taman Chandra Wilwatikta, Surabaya, Jawa Timur, juga akan diruwat. Tujuan ruwatan agar dapat difungsikan secara maksimal sebagai pusat wisata seni dan budaya Jawa Timur. Ruwatan Taman Chandra Wilwatikta dilakukan di Desa Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pukul 03.00 WIB, Kamis (15/11/2012) dini hari, oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat Dinas Pariwisata Pemprov Jatim selaku pengelola.

''Setelah diruwat, kami berharap fungsi Taman Chandra Wilwatikta dapat maksimal dan lebih bermanfaat,'' kata penyelenggara ruwatan, Ansori, Rabu (13/11/2012) malam.

Seperti halnya prosesi ruwatan pada manusia, ruwatan pada Taman Chandra Wilwatikta, kata Ansori, juga melalui sejumlah prosesi seperti doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan penyiraman air bercampur bunga tujuh rupa di sejumlah titik.

''Ruwatan ini juga sebagai bentuk pelestarian kepada budaya Jawa yang dilakukan setiap malam 1 Suro,'' terangnya.

Sebelum acara ruwatan, di Taman Chandra Wilwatikta juga digelar pertunjukan wayang semalam suntuk dengan dalang Ki Sinarto. Wayangan kali ini mengangkat cerita ''Pendowo Joyo, Jumeneng Puntodewo''. Taman Chandra Wilwatikta resmi dikelola Pemprov Jatim sejak pertengahan Agustus 2011 lalu. Sebelumnya, taman yang berlokasi di jalur utama Tretes-Prigen itu dikelola yayasan yang bergerak di bidang konservasi sumber daya alam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com