Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Akan Deklarasikan Effendi Simbolon Jadi Cagub Sumut

Kompas.com - 14/11/2012, 04:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan mendeklarasikan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), di Medan, Sumatera Utara, Rabu (14/11/2012). Politisi PDI Perjuangan Effendi MS Simbolon yang didaulat sebagai calon gubernur akan dideklarasikan di Kantor DPD PDI-P Sumatera Utara. Menurut rencana, acara deklarasi akan dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Tjahjo Kumolo.

Menurut seorang sumber, seperti dikutip Tribun, ribuan kader PDI Perjuangan dan pendukung Effendi akan hadir saat deklarasi tersebut. Agenda acara deklarasi akan dibalut dengan sejumlah pagelaran musik tradisional Gondang Batak, tarian Tor-tor, dan penampilan artis ibukota.

Dalam deklarasi itu juga, PDI Perjuangan akan mengumumkan pasangan Effendi Simbolon dan partai mana yang digandeng untuk berkoalisi.

"Usai itu, akan long march menuju KPUD," terangnya.

Politisi PDI Perjuangan Effendi MS Simbolon menyatakan kesiapannya menjadi calon gubernur Sumatera Utara periode 2013-2018. "Kalau sudah keputusan partai saya siap menjalankannya," ujar Effendi, yang juga anggota DPR, seusai rapat mengenai temuan BPK terkait inefisiensi PLN sebesar Rp37,6 triliun, di Komisi VII DPR, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Lebih lanjut, Ketua Panja Hulu Listrik ini mengaku masih belum mengetahui kepastian dirinya ditetapkan PDI Perjuangan sebagai Cagub Sumut. "Mudah-mudahanlah. Mudah-mudahan," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Perjuangan, Tjahjo Kumolo, membenarkan bahwa cagub Sumut dari partainya adalah dari kader fungsionaris sekaligus Wakil Ketua Komisi VII DPR RI tersebut. "Ya" kata Tjahjo, Selasa (13/11/2012).

Menurut Tjahjo, saat ini PDI Perjuangan masih melakukan koordinasi dengan beberapa partai politik lain guna koalisi dan calon wakil gubernur yang akan wakil yang mendampingi Effendi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com