Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polines Siapkan 30 Calon Pendidik Akademi Komunitas

Kompas.com - 13/11/2012, 23:57 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Politeknik Negeri Semarang (Polines) mendukung kegiatan Pemerintah untuk mengembangkan akademi komunitas (community college) di perguruan tinggi. Program ini dalam rangka mewujudkan ketersediaan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pembangunan nasional dan daerah dan untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Demikian keterangan pers yang dikirimkan Polines, Selasa (13/11/2012). Sebagai bentuk dukungan atas akademi komunitas, Senin lalu, Direktur Politeknik Negeri Semarang (Polines), Dr Totok Prasetyo, Beng MT memberi pengarahan dihadapan 30 calon pendidik Akademi Komunitas (AK)di kampus Polines, Tembalang.

Peserta berasal dari lulusan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang telah lolos tahap-tahap seleksi.

Menurut Totok, Polines akan mendidik untuk program studi Teknik Informatika, di mana peserta AK akan mengikuti pendidikan selama 1 tahun, sebelum dilepas menjadi pendidik AK di berbagai kabupaten/kota.

Untuk mempersiapkan pengembangan dan pendirian AK, perlu mengembangkan Program Rintisan Pendidikan Calon Pendidik AK.

Program ini bertujuan menghasilkan model pendidikan Calon Pendidik AK sebagai program rintisan yang dapat melahirkan calon pendidik yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai pendidik profesional di bidang vokasi/kejuruan.

AK merupakan pendidikan tinggi atau pendidikan pascapendidikan menengah (SMA/SMK/MA) dalam bidang tertentu dengan basis pendidikan vokasi.

Pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan konsep modul yang ditempuh dalam waktu satu atau dua tahun bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan dengan penuh waktu, atau berdasarkan pencapaian setiap modul dengan minimal jumlah modul tertentu untuk setiap tahun ajaran.

Lulusan atau produk akhir dari program ini adalah Diploma-1 untuk masa pendidikan satu tahun dan Diploma-2 untuk masa pendidikan dua tahun.

Akademi Komunitas dirancang untuk membantu masyarakat/peserta didik yang kurang memiliki kompetensi keterampilan yang dibutuhkan saat ini, sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dan dapat bekerja di suatu komunitas atau daerah yang memerlukannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com