Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironis, Desa-desa Dekat PLTA Tak Nikmati Listrik

Kompas.com - 13/11/2012, 13:54 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Hal yang sangat lucu terjadi lagi di Tanah Air. Desa-desa yang berada tidak jauh dari lokasi pembangkit listrik tenaga Air (PLTA) Bakaru di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, justru tidak menikmati aliran listrik.

Desa Letta, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan adalah tempat PLTA Bakaru, yang notabene menyalurkan listrik ke seluruh Sulawesi Selatan, Utara dan Barat.

Ketua Forum Komunikasi Pemuda Pattinjo ( FKPP) Mahyuddin, Selasa (13/11/2012) mengatakan, sejumlah desa yang hingga saat ini belum teraliri arus listrik dari lokasi pembangkit tersebut. "Desa tersebut antara lain adalah Desa Letta, Kariango, Sali-sali, Mesa Kada, Suppirang, wilayah Kecamatan Lembang, Sementara Desa Kasera lau, wilayah Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang," ujar Mahyuddin.

"Perjuangan warga agar dapat menikmati listrik di desa tersebut sudah berlangsung selama empat periode jabatan Bupati Pinrang, namun hingga detik ini belum juga direalisasikan," jelas Mahyuddin.

Sementara, General Manager PLN (Persero) wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar Zulkifli Abdullah.P mengaku PLN memastikan akan segera merealisasikan keinginan masyarakat yang bermukim di sekitar pembangkit PLTA Bakaru, untuk menikmati aliran listrik. "Kami akan segera merealiasikan keinginan warga di sekitar pembangkit," kata di sela sela kunjungannya ke PLTA Bakaru.

Zulkifli berjanji, aliran Listrik akan dinikmati oleh enam desa tersebut yang akan tersambung langsung dari PLTA Bakaru dengan cara membentangkan kabel ke pemukiman mereka. "Yang menjadi kendala adalah akses jalan menuju ke pemukiman mereka, adalah jalan setapak yang cukup menantang, dan ektrim," kilahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com