Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Baku Tembak dengan Pencuri Motor

Kompas.com - 13/11/2012, 11:40 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi pencurian kendaraan bermotor terjadi pada Senin (12/11/2012) sekitar pukul 04.30 WIB di sebuah kos-kosan Jalan Acordion Blok L/4, RT 05 RW 09, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Namun, aksi pencurian yang dilakukan dua orang pelaku itu berhasil tercium anggota Buser Resmob Polsektro Kelapa Gading yang tengah melakukan patroli.

Menurut informasi dari Pusat Komunikasi dan Informasi Polda Metro Jaya, anggota Polsek Metro Kelapa Gading Brigadir Yulianto saat kejadian sedang melaksanakan tugas observasi. Saat melintas di lokasi, dia melihat orang mencurigakan di depan rumah kos, duduk di atas sepeda motor Yamaha Jupiter MX masih mengenakan helm. Karena curiga, Brigadir Yulianto kemudian mendekati orang tersebut.

Namun, orang itu langsung kabur. Ternyata dari dalam rumah kos ada satu orang pelaku lagi yang sedang mencuri sepeda motor. Brigadir Yulianto berusaha untuk menangkap pelaku tersebut, tetapi dibalas dengan tembakan oleh pelaku. Sadar keselamatan jiwanya terancam, Brigadir Yulianto kemudian membalas tembakan dan mengenai pinggang sebelah kiri.

Kepala Polisi Sektor Metro Kelapa Gading Kompol Ardiyanto Tedjo saat dihubungi Kompas.com mengatakan, saat kejadian, pihaknya tengah melakukan patroli rutin. "Anggota Resmob sedang patroli rutin, menemukan 'pemain' (pencuri) lagi beraksi di kos-kosan. Saat mendekat, salah seorang (pelaku) melepaskan tembakan," kata Kapolsektro Kelapa Gading, Selasa (13/11/2012).

Pelaku yang melepaskan tembakan ke arah petugas kemudian dibalas oleh petugas yang melepaskan tembakan balik. Sebuah timah panas kemudian melumpuhkan salah satu pelaku bernama Dovil (24), sementara salah satu rekan pelaku lain berhasil melarikan diri.

Namun, meski dalam keadaan luka tembak, pelaku tak juga menyerah malah melarikan diri dan masuk ke gorong-gorong. Setelah terkepung, pelaku akhirnya berhasil ditangkap. Pelaku sempat membuang senjata apinya ke saluran got, tetapi berhasil ditemukan petugas.

"Satu orang berhasil kami amankan, berikut senjata revolver rakitan, sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri, sedang dalam pengejaran," ujar Kapolsek.

Saat ini, pihaknya masih melakukan upaya pengejaran terhadap seorang pelaku lain yang berhasil kabur. "Masih dalam pengembangan, kemungkinan ini pemain lama," kata Kapolsek.

Dari pelaku, petugas turut menyita barang bukti sepeda motor Yamaha Jupiter MX Nopol B 3014 UKQ, Suzuki Satria F150 Nopol AA 6276 ED, sepucuk senjata api rakitan berikut 6 butir peluru, 2 helm, kunci letter T dan gembok pagar, serta kunci rumah kos yang telah dirusak. Kasus tersebut kini masih ditangani Polsektro Kelapa Gading.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com