Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas: Partai Lain Bisa Ikhlas Demokrat Terdepan

Kompas.com - 12/11/2012, 09:10 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menginstruksikan kepada seluruh kader partai di Jawa Timur untuk menggerakkan mesin partai dalam upaya pemenangan Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2013 dan pemilihan umum legislatif.

Dalam Pilkada Jatim, Demokrat akan kembali mengusung calon petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf. "Kalau Partai Demokrat terdepan di Jatim, pimpinan partai lain saya rasa bisa ikhlas," ujar Anas Urbaningrum dalam pidatonya pada pelantikan DPC Partai Demokrat se-Jatim, di Surabaya, Minggu (11/11/2012).

Untuk itu, Anas meminta seluruh kader di tingkat dewan pimpinan cabang di 38 kabupaten/kota di Jatim untuk konsolidasi dan memetakan persoalan di daerah masing-masing. Dengan demikian, Demokrat dapat tetap menjadi yang terdepan. "Partai lain juga akan didoakan yang terbaik. Ya, di belakang Partai Demokrat sedikitlah," Ucap Anas.

Selain Anas, pelantikan 38 DPC se-Jawa Timur ini dihadiri Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jatim yang juga Gubernur Jatim Soekarwo. Anas meyakini Soekarwo masih diinginkan rakyat Jatim untuk kembali memimpin Jatim periode 2013-2018.

Soekarwo juga dinilai memiliki daya rangkul politik yang efektif terhadap tokoh partai politik lain. Selama Soekarwo berpasangan dengan Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim saat ini, Anas menilai mereka menunjukkan prestasi, kinerja positif, kompak, dan produktif. "kalau Pakde Karwo mau melanjutkan dengan Gus Ipul (panggilan Saifullah Yusuf), kami di Jakarta tut wuri handayani," kata Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com