Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Lokon Paling Kerap Meletus

Kompas.com - 11/11/2012, 15:09 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gunung Lokon di Sulawesi Utara, saat ini sepertinya telah menjadi gunung api yang paling kerap meletus. Pada Minggu (11/11/2012) pukul 13.43.56 Wita, gunung ini kembali meletus.

Kepala Pusat Vulknaologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, abu letusan keluar dari Kawah Tompaluan hingga ketinggian 600 meter dan tertiup angin ke arah utara. Suara detuman terdengar hingga Pos Gunung Lokon/Gunung Mahawu, yang berjarak 6 km dari Kawah Tompaluan.

"Belum diperlukan pengungsian, tetapi masyarakat diimbau menjauh dari kawah hingga jawak 2,5 km," kata Surono.

Surono juga menyampaikan rasa hormat dan salut kepada Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara dan BPBD Kota Tomohon serta masyarakat di sekitar Gunung Lokon yang senantiasa siaga mengantisipasi ancaman letusan. "Walaupun Lokon kerap meletus, hingga kini tidak ada korban," katanya.

Sebelum letusan kali ini, PVMBG mencatat terjadinya aktivitas Lokon sejak Minggu pagi. Gempa vulkanik dalam terjadi hingga 30 kali, vulkanik dangkal hingga 142 kali, 8 kali hembusan, dan getaran tremor yang terus-menerus dengan amplituda 2 mm.

Menurut Surono, Lokon ditetapkan Awas sejak 10 Juli 2011dan meletus pertama pada 14 Juli 2011. Statusnya kemudian turun menjadi Siaga (III) sejak 24 Juli 2011, namun hingga kini Lokon tidak stabil dan terus meletus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com