Minggu, 21 September 2014

News / Regional

Gunung Lokon Meletus Lagi

Minggu, 11 November 2012 | 13:14 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Api Lokon di Tomohon kembali meletus, pada Minggu (11/11/2012) 13.47 Wita. Warga mendengar dentuman keras dari aktivitas vulkanis gunung tersebut. Abu pun keluar dari kawah Lokon.

Yulin Tangkawarouw, warga Kakasen III, Kota Tomohon ketika dihubungi mengatakan, walau letusannya tidak terlalu besar tetapi bunyi dentuman yang dikeluarkan gunung berapi yang superaktif ini cukup menggagetkan.

"Lumayan kaget dengan bunyi letusannya karena terjadi tepat di hari Minggu, waktu istirahat keluarga," ujar Yulin  ketika dihubungi Kompas.com.

Angin yang sedang bertiup ke arah Manado diperkirakan akan membawa abu vulkanis yang ditimbulkan dari letusan Lokon. Seperti biasa, setiap kali gunung berapi ini meletus selalu disertai dengan abu vulkanis yang dimuntahkannya.

Pos Pengamatan Gunung Berapi Lokon dan Mahawu ketika berita ini dibuat belum bisa dikonfirmasi. Nomor telepon Kepala Pos Pengamatan sedang sibuk ketika dihubungi.

Warga Tomohon menganggap letusan Lokon sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari karena seringnya gunung tersebut meletus.

 


Penulis: Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol
Editor : Ana Shofiana Syatiri