Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, Siswa SMK Punguti Sampah

Kompas.com - 10/11/2012, 18:39 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Siswa-siswi SMKN 1 Kota Pasuruan, Jawa Timur mempunyai cara yang unik untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tepat pada hari ini, Sabtu (10/11/2012). Belasan siswa SMKN 1 bukannya melakukan teatrikal atau memakai pakaian pejuang ala tempo dulu, namun justru mereka memakai pakaian yang terbuat dari sampah plastik yang didaur ulang.

Bahkan ada beberapa siswa juga mengecat tubuhnya untuk menggambarkan macan tutul, monyet serta hewan lainnya. Tanpa rasa malu, belasan siswa tersebut lalu berjalan menyusuri jalan-jalan protokol di Kota Pasuruan sambil membawa pamflet serta papan yang berisikan imbauan untuk menjaga lingkungan, lestarikan alam, stop perburuan liar serta hentikan pemakaian bom ikan.

Di sela-sela aksinya, para siswa itu juga memunguti sampah plastik yang mereka temui di sepanjang jalan untuk dibuang ke tempat sampah yang telah tersedia di pinggir jalan.

Menurut wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Abdul halim Al'matuf, kegiatan itu sebagai bentuk apresiasi dalam memperingati Hari Pahlawan. Karena semangat para pahlawan adalah semangat perjuangan yang harus diteruskan oleh generasi penerus masa kini.

"Semangat perjuangan yang disampaikan oleh para murid- murid adalah perjuangan untuk menjaga serta melestarikan alam demi masa depan generasi mendatang," terangnya.

Sementara itu, Aziz, salah satu siswa SMKN 1 mengaku merasa bangga dapat menyuarakan perjuangan untuk melestarikan alam demi generasi mendatang.

"Karena dengan modal kemerdekaan dan kedaulatan generasi muda seperti saya, harus bisa menjaga dan meneruskan kemerdekaan yang telah direngkuh dengan susah payah oleh para pejuang," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com