Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda Berseru di Bawah Patung Shodanco Supriyadi

Kompas.com - 10/11/2012, 08:27 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Puluhan pemuda di Kota Kediri, Jawa Timur, memperingati Hari Pahlawan dengan membaca puisi serta berorasi di bawah patung Shodanco Supriyadi di area bundaran Sekartaji, Jumat (9/11/2012), malam.

Mereka secara bergantian membacakan berbagai puisi karangan mereka sendiri hingga puisi karya Khairil Anwar maupun WS Rendra. Di sela-sela puisi, beberapa lagu perjuangan juga dikumandangkan seiring kibaran bendera merah putih yang mereka lambaikan.

Dalam orasinya, para pemuda itu menyerukan segenap elemen bangsa untuk bersatu padu menyatukan langkah agar bangsa ini terbangun lebih baik sehingga rakyat sejahtera.

"Baik dari kalangan pejabat, kalangan rakyat, maupun segenap kalangan profesi agar bersatu padu membangun bangsa ini dengan spirit kepahlawanan," kata Heri Nurdianto, koordinator aksi.

Sementara sebagai pemuda, Heri Nurdianto menambahkan, harus senantiasa mengembangkan jiwa nasionalisme maupun patriotisme. Hal tersebut menurutnya penting dilakukan karena saat ini kondisi bangsa tengah didera berbagai masalah sebagai ekses dari lunturnya nilai-nilai luhur kepahlawanan.

"Pemuda harus dapat berkarya setinggi-tingginya hingga mampu membawa nama harum bangsa Indonesia dalam kancah pergaulan internasional. Jangan hanya hidup bermegah-megahan di saat masih banyak kaum yang tertindas atau termarjinalkan," tandasnya.

Aksi yang berjalan sekitar 45 menit tersebut berjalan lancar dan tertib. Beberapa personil kepolisian terlihat melakukan pengamanan karena lokasi aksi berada pada jalur padat kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com