Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan Gaet Deddy Mizwar

Kompas.com - 10/11/2012, 04:36 WIB

BANDUNG, Kompas - Sehari menjelang pendaftaran calon, Partai Keadilan Sejahtera mencetuskan artis senior Deddy Mizwar sebagai calon wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat tahun 2013.

Popularitas seniman film itu dianggap dapat menyokong gubernur petahana yang juga maju sebagai calon gubernur, Ahmad Heriyawan.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq menyampaikan hal itu saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (9/11). ”Ya, benar,” katanya lewat pesan pendek yang dikirimkan dari Australia. Anggota DPR RI itu sedang mengikuti short course tentang ekonomi di Australia.

Luthfi menjelaskan, PKS sudah menggodok nama Deddy Mizwar sebagai calon wagub sejak awal November. Keputusan itu didasari pertimbangan, warga Jawa Barat menyukai kombinasi antara profesional dan selebriti. Popularitas Deddy Mizwar diharapkan dapat mendongkrak elektabilitas Ahmad Heriyawan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Wilayah Dakwah Banten, DKI, dan Jawa Barat Ma’mur Hasanuddin mengungkapkan, pasangan Ahmad Heriyawan-Deddy Mizwar akan didaftarkan pada batas akhir pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat, Sabtu ini. Nama Deddy memang muncul sebagai salah satu sosok yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi sebagai calon wakil gubernur dalam beberapa survei internal partai.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meminta kader di seluruh cabang untuk memenangkan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dalam Pilkada Jabar 2013. Sanksi administratif juga disiapkan bagi kader yang mengabaikan instruksi partai.

Hal itu diutarakan pelaksana harian Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jabar, Tubagus Hasanuddin, dalam Rapat Kerja Daerah Khusus PDI-P, Jumat. ”Kemenangan dalam Pilkada Jabar tahun 2013 menjadi pembuktian bagi partai dalam Pemilu 2014,” kata Tubagus.

Hal serupa diutarakan Rieke saat berbicara di panggung. Dia meminta dukungan dari pengurus PDI-P yang juga bersaing dengannya menjadi calon gubernur dari partai, seperti Aang Hamid Suganda dan Gatot Tjahyono.

Sementara itu, pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana saat ini didukung tiga partai, yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa. Dede Yusuf adalah wagub petahana, sementara Lex adalah mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jabar yang pensiun sejak 1 November.

”Hingga kini kami masih menunggu kepastian dari Partai Gerindra yang menyatakan secara lisan bakal bergabung dengan koalisi kami,” kata ketua tim pemenangan Dede Yusuf-Lex Laksamana, Didin Supriadin.

Mantan Bupati Tasikmalaya Tatang Farhanul Hakim yakin akan mendampingi Irianto Syaifudin maju dalam Pilkada Jabar 2013. Dua periode memimpin Kabupaten Tasikmalaya akan menjadi modal kuat bagi Tatang dalam Pilkada Jabar.

”Saya maju bukan atas nama partai, tapi sebagai individu. Pembicaraan terakhir kemungkinannya mencapai 95 persen,” kata Tatang, yang kini menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPP PAN di Tasikmalaya, Jumat.

(ELD/ILO/CHE/IAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com