Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Bank Kucuri Kredit Krakatau Steel

Kompas.com - 09/11/2012, 18:52 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BBNI) menjadi Agen Fasilitas kredit sindikasi enam bank dengan debitor PT Krakatau Steel Persero Tbk (KRAS). Nilai kredit sindikasi enam bank dengan Krakatau Steel ini mencapai Rp 2, 275 triliun dan 200 juta dollar AS.

Penandatanganan perjanjian fasiltas kredit ini dilakukan oleh Direktur Bussines Banking BNI Khrisna Suparto, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Mok, Direktur Kelembagaan dan BUMN BRI Asmawi Syam, Direktur Utama KS Irfan Kamal Hakim dan para kreditur sindikasi fasilitas Sinosure.

Sebagai agen fasilitas, BNI berada pada posisi penting untuk memastikan kredit sindikasi ini terpenuhi, antara lain dengan menjaga agar komunikasi antara bank-bank anggota sindikasi dengan debitor berjalan lancar.             

Kredit ini diberikan dalam dua kelompok penyaluran. Pertama, kredit Commercial Facility sebesar Rp 2,275 triliun yang bersumber dari BNI, Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Fasilitas ini sudah ditandatangani pada 15 Mei 2012 di Jakarta. Kedua, kelompok fasilitas kredit Sinosure senilai 200 juta dollar AS yang berasal dari sindikasi tiga bank asing, yakni ICBC, HSBC dan CDB.             

Untuk menyempurnakan kesepakatan kredit ini, BNI dengan kelima bank anggota sindikasi lainnya bertemu di Bali, pada Jumat (9/11/2012) malam, untuk menandatangani kedua jenis perjanjian kredit itu, baik fasilitas kredit komersial maupun fasilitas kredit Sinosure.

"Dengan penandatanganan ini, rencana pembangunan Blast Furnace dapat segera dituntaskan oleh KS," kata Direktur Bussines Banking BNI Khrisna Suparto.

Direktur Utama KS Irfan Kamal Hakim menambahkan, proyek pembangunan pabrik Blast Furnace Complex ini diharapkan akan menambah kapasitas produksi KS sebesar 1,2 juta ton hot metal per tahun. Dalam sindikasi ini, BNI memberikan fasilitas pembiayaan setara 100 juta dollar AS dengan sub limit fasilitas L/C sebesar ekuivalen 50 juta dollar AS.

BNI bergabung dengan Bank Mandiri dan BRI sebagai anggota sindikasi serta bersama-sama bertindak sebagai Joint Mandated Lead Arranger (MLA). Khusus BNI, selain menjadi MLA, juga bertindak sebagai Agen Fasilitas.             

Kredit BNI ke Krakatau Steel telah mencapai Rp 6,551 triliun. Dengan ditandatangani kredit untuk proyek pembangunan pabrik Blast Furnace Complex ini, BNI telah menyalurkan fasilitas kredit pembiayaan kepada Kelompok Krakatau Steel Group sebesar Rp 6,6 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com