Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, PKS Gaet Dedy Mizwar "Temani" Heryawan!

Kompas.com - 09/11/2012, 10:47 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya meminang Dedy Mizwar sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat untuk mendampingi calon petahana, Ahmad Heryawan, dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013.

PKS pun memutuskan berkoalisi untuk mencukupi kuota suara. "Sudah ditetapkan Dedy Mizwar," ujar Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Jumat (9/11/2012), dalam pesan singkat yang diterima wartawan.

Luthfi menjelaskan, untuk mencukupi kuota kursi, PKS akhirnya berkoalisi dengan Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Jumlah kursi PKS di DPRD Jawa Barat hanya 14 kursi. Untuk memajukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, parpol atau gabungan parpol harus memiliki setidaknya 15 kursi.

Lebih lanjut, Luthfi mengatakan, PKS menyerahkan rencana pendaftaran Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar kepada pengurus provinsi. Rencananya, pada Sabtu (10/11/2012), kedua kandidat ini akan melakukan deklarasi.

Nama Deddy Mizwar kembali mencuat dalam Pilgub Jawa Barat yang akan dilangsungkan pada tahun 2013 mendatang. Sebelumnya, Dedy akan diduetkan dengan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilgub DKI Jakarta. Namun, Jokowi akhirnya berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama.

Kiprah Deddy di dunia politik juga dibilang tidak sedikit. Deddy pernah mencalonkan diri dari jalur independen sebagai calon wakil presiden bersama dengan Brigadir Jenderal Saurip Kadi. Sementara calon gubernur yang diusung PKS, yakni Ahmad Heryawan, adalah Gubernur Jawa Barat yang masih aktif.

Calon petahana ini pada pilgub periode lalu berpasangan dengan Dede Yusuf. Kini Dede Yusuf, seperti yang telah diberitakan, maju menjadi calon gubernur dari Partai Demokrat dengan pendamping Lex Lesmana, mantan Sekretaris Daerah Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com