Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tak Berkualitas

Kompas.com - 06/11/2012, 17:34 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com-  Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada kuartal III tahun 2012 naik dibandingkan kuartal sebelumnya. Meski pertumbuhan ekonomi juga naik dari kuartal III tahun 2011, kondisi itu dianggap tak berkualitas karena pengangguran justru meningkat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng, pertumbuhan ekonomi Kalteng pada kuartal III tahun 2012 sebesar 5,24 persen dibandingkan triwulan II tahun 2012. Ekonomi pada kuartal III tahun 2012 juga tumbuh 7,13 persen dibandingkan triwulan III tahun 2011. Meski ekonomi tumbuh, pengangguran di Kalteng meningkat.

Pada kuartal III tahun 2012, tingkat pengangguran di Kalteng sebesar 3,17 persen atau sebanyak 35.053 orang. Jumlah itu meningkat dibandingkan kuartal III tahun 2011 sebesar 2,55 persen atau sebany ak 28.886 orang.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Sabran Achmad di Palangkaraya, Kalteng, Selasa (6/11/2012), mengatakan, kualitas pertumbuhan ekonomi Kalteng dipersoalkan. "Kalau ekonomi tumbuh dengan baik, penyerapan tenaga kerja seharusnya juga meningkat," ujarnya.

Jika ekonomi tumbuh namun pengangguran bertambah, artinya keuntungan sektor swasta bertambah namun sebagian besar hanya dinikmati pemilik modal. Tidak dinikmati masyarakat kebanyakan. "Berarti, investor terus berdatangan ke Kalteng tapi manfaatnya untuk warga Kalteng belum optimal, tuturnya.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com