Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hepatitis A di Jambi Mewabah

Kompas.com - 06/11/2012, 16:02 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com — Hepatitis A atau radang hati kian mewabah di Kota Jambi. Jumlah penderita melonjak empat kali lipat dalam dua hari terakhir.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengerahkan belasan dokter untuk menangani kasus ini setelah menetapkan status kejadian luar biasa di wilayah Kota Jambi.

Hingga Selasa (6/11/2012), jumlah penderita telah mencapai 82 orang, melonjak dari hari Minggu (4/11/2012) yang  berjumlah 20 orang. Para penderita seluruhnya adalah siswa sekolah dasar. Sebanyak 56 siswa di SD 47 Jambi dan 16 lainnya di Sekolah Xaverius Jambi.

Seluruh siswa di sekolah terkait telah diliburkan untuk sementara waktu, mengantisipasi bertambahnya jumlah penderita. "Kami masih mencari tahu sumber penularan penyakit ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Andi Pada.

Dinas Kesehatan menyiapkan 13 dokter pada sejumlah rumah sakit untuk menangani pasien hepatitis A tersebut. Dinas Kesehatan juga menetapkan status KLB Hepatitis sejak Senin. Penetapan ini atas pertimbangan wabah Hepatitis A di Jambi baru pertama kali terjadi dan jumlahnya meningkat signifikan. "Wabah ini sebelumnya tidak pernah terjadi, dan jumlah penderita terbilang banyak dalam waktu cepat," tutur Andi.

Andi menjelaskan, pihaknya telah mengambil seluruh sampel makanan dari pedagang di dalam ataupun luar sekolah di lokasi wabah untuk diperiksa di laboratorium. Selain itu, pihaknya juga mengambil sampel darah sejumlah siswa yang menderita penyakit tersebut. "Kami akan telusuri bagaimana penyakit ini menular supaya ada upaya memutus rantai penularannya," ujar Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com