Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jalak Bali Dilepas di Luar Habitat Asli

Kompas.com - 05/11/2012, 17:11 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Delapan ekor burung Jalak Bali yang termasuk satwa langka, Senin (05/11/2012) siang tadi dilepas ke alam bebas sebagai salah satu upaya meningkatkan populasi yang kini terus menurun.

Pelepasan satwa yang dilindungi ini dilakukan di Green School, Sibang Kaja, Badung, Bali di depan ratusan murid yang sebagian besar warga ekspatriat.

Burung Jalak Bali yang dilepas ini berasal dari penangkaran Sibang dengan rata-rata usia di atas 5 bulan dan telah dapat mencari makan sendiri serta mampu berkembang biak.

Pelepasan Jalak Bali di luar habitat aslinya ini merupakan yang pertama kali dilakukan. "Habitas asli di Taman Nasional Bali Barat, kemudian kita pernah melepas di Nusa Penida karena mirip Taman Nasional, ini pertama kali dilepas di luar habitat," ujar Ketut Catur Marbawa, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bali usai pelepasan burung.

Begawan Foundation yang memfasilitasi pelepasan ini telah berkoordinasi dengan 7 banjar di lingkungan setempat untuk sama-sama menjaga dan melindungi Jalak Bali yang mulai hari ini terbang bebas di sekitar lingkungan mereka.

"Harapan kami masyarakat di sini ikut menjaga aset bersama. Jalak Bali milik masyarakat Bali, dan merupakan maskot Bali," imbuh Catur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com