Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Jerapah Itu Dinamai "Pemuda"

Kompas.com - 03/11/2012, 21:49 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Seekor bayi jerapah jantan hasil penangkaran di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Pasuruan Jawa Tmur lahir tepat pada peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 lalu. Bayi jerapah itu dilahirkan dari pasangan induk betina benama Yoshimi (10) dan pejantan bernama Dhavi (9).

"Karena lahirnya bertepatan Hari Sumpah Pemuda, maka binatang si leher panjang kita namai Pemuda. Dan pada hari ini kita bisa kenalkan ke media," ujar Drh. Nanang Tedjo Laksono, dokter hewan TSI II Prigen.

Nanang yang menangani proses kelahiran bayi keempat dari pasangan tersebut juga menjelaskan, bayi jerapah jantan itu lahir dengan berat badan sekitar 70 kg dan tinggi 180 cm melalui proses persalinan normal. Saat ini bayi jerapah tersebut masih berada dalam kandang area khusus bersama induknya.

"Pemuda masih menyusu dan perlu perawatan sebelum dapat dilihat oleh para pengunjung," katanya.

Sementara Humas TSI II, Resty menambahkan, dengan lahirnya Pemuda ini, menambah koleksi Giraffa camelopardalis (jerapah) menjadi enam ekor. "Ini sekaligus TSI mendukung upaya konservasi satwa Afrika yang mulai langkah di dunia ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com