Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Warga Dua Desa di Luwu Utara

Kompas.com - 03/11/2012, 02:58 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU UTARA, KOMPAS.com — Bentrok antar-warga di Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan kembali terjadi, kali ini melibatkan warga Desa Baliase dengan Desa Mappideceng, Kabupaten Luwu Utara, Jumat (2/11/2012),  sekitar pukul 18.30 Wita.

Menurut sejumlah warga, bentrokan ini diawali ketika seorang warga Desa Mappicedeng terluka terkena anak panah pada Kamis (1/11/2012). Warga Mappicedeng menduga anak panah itu dilepaskan warga Desa Baliase.

Warga Desa Mappicedeng kemudian langsung menyerang Desa Baliase. Dalam serbuan itu, sebuah gardu tempat berjualan warga Baliase dan sebuah sepeda motor milik polisi dirusak massa.

Selain melakukan perusakan, aksi bentrok warga desa ini membuat ruas jalan Trans-Sulawesi menjadi lengang karena tak satu pun kendaraan berani melintas.

Aksi tawuran warga ini kemudian diantisipasi kepolisian yang langsung mengirimkan pasukan antihuru-hara ke lokasi.

Saat berupaya memisahkan warga yang bertikai, polisi melepaskan tembakan peringatan. Namun, tembakan peringatan polisi itu justru ditanggapi warga dengan perlawanan. Warga melawan polisi dengan melemparkan batu dan sebagian dari mereka membawa senjata rakitan.

Kerepotan menghalau warga yang beringas, akhirnya pasukan Brimob dikerahkan untuk meredam dan menghentikan massa yang tengah bertikai.

Ketika tengah menghalau pengunjuk rasa inilah, dua peserta mengalami luka-luka terkena peluru aparat dan mengalami luka serius. Keduanya kini dibawa ke RSUD Andi Djemma Masamba.

Keributan warga dua desa ini bukanlah kali pertama. Hal tersebut sudah sering terjadi dan berbuntut pada pembakaran rumah, seperti yang terjadi beberapa bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com