Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Hilang Ditemukan di Jurang Semeru

Kompas.com - 01/11/2012, 20:42 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Setelah tiga hari menghilang saat mendaki di gunung Semeru, Muhammad Firas Awaludin Iqbal (19), mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Iqbal berhasil ditemukan oleh Tim SAR pada Kamis (1/10/2012) pada pukul 17.00 WIB.

"Syukur sudah ditemukan dalam kondisi selamat," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Ayu Dewi Utari, saat dihubungi via telepon, Kamis (1/11/2012) malam.

Menurut Ayu, tim gabungan berhasil menemukan korban tidak jauh dari jejak sepatu dan kaos tangan yang ditemukan di kawasan Blank 75. "Iqbal ditemukan dekat jejak yang ditemukan. Untungnya ia tak jauh dari jejak yang ditemukan tim gabungan," katanya.

Saat ini, kata Ayu, Iqbal bersama tim gabungan masih berada di Pos Kalimati. "Rencananya, korban akan diantar turun besok hari. Sekarang masih diperiksa kondisinya. Karena sudah tiga hari tidak makan," katanya.

Tim gabungan yang diturunkan mencari Iqbal sebanyak 50 orang. Tim tersebut berhasil menemukan jejak sepatu dan kaos tangan di kawasan Blank 75 atau sekitar 2 kilometer dari puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Blank 75 itu adalah jurang yang berkedalaman 75 meter, yang berada di sisi kanan Cemoro Tunggal. Lokasinya berada sekitar 2 kilometer dari puncak gunung Semeru.

Diberitakan sebelumnya, Iqbal, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Unibraw Malang Iqbal dikabarkan hilang setelah mendaki ke gunung Semeru bersama 19 mahasiswa lainnya. Saat akan turun, warga Dusun Demang Jaya RT 04 RW01, Desa Krebet, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang itu tidak ada. Hilangnya Iqbal langsung dilaporkan ke pos pantau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com