Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Korupsi Bupati Rembang Terkendala Audit BPK

Kompas.com - 01/11/2012, 17:02 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Mas Guntur Laude mengatakan penanganan kasus dugaan korupsi Bupati Rembang M Salim, masih terkendala audit perincian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Rincian audit tersebut mengenai Perhitungan Kerugian Negara (PKN) atas penyimpangan dana itu.

Salim tersangkut kasus dugaan korupsi penyertaan modal untuk PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (PT RBSJ) milik Pemerintah Kabupaten Rembang dan bergerak dalam berbagai bidang usaha seperti SPBU, industri garam, etanol, dan perkebunan. Di dalam perusahaan tersebut dilakukan penyertaan modal sebesar Rp 35 miliar yang dilakukan dengan APBD tahun 2006-2007. Berdasarkan audit BPK, diduga ada kerugian negara sebesar Rp5,54 miliar dari penyertaan modal tersebut.

Selain Salim, M Siswadi yang menjabat sebagai Direktur PT RBSJ juga telah ditetapkan menjadi tersangka sejak 6 Juni 2010. "Kami sudah 4 kali melayangkan surat pada BPK dan sembilan kali melakukan rapat koordinasi, namun belum turun juga, rinciannya belum ada dan itulah yang menentukan terkait kerugian negara," tandas Guntur, Kamis (1/11/2012) di sela pemeriksaan Salim di Kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Jalan Sukun Raya Semarang.

Jika audit tersebut telah turun, dalam waktu satu minggu kasus ini dapat dirampungkan. "Karena kasus ini sudah berjalan lama, kalau audit turun tidak butuh waktu lama lagi kasus ini bisa dilimpahkan ke kejaksaan," kata dia yang didampingi Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Joko Setiono.

Guntur mengatakan, Salim telah menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.15 WIB. Pemeriksaan untuk saksi lain sudah dilakukan dan terdapat sekitar 29 saksi yang diperiksa. "Masih saksi, dari pemeriksaan kesaksiannya nanti dirumuskan dan dalam waktu dekat akan dipanggil lagi. Entah untuk pemeriksaan tambahan atau pemeriksaan menjadi tersangka. Untuk direkturnya pemeriksaan sebagai tersangka sudah dilakukan," katanya.

Hingga sore ini, Salim masih menjalani pemeriksaan di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng. Salim juga sempat keluar ruangan untuk istirahat sebentar dan menjalankan shalat. Salim juga sempat melemparkan senyum pada sejumlah wartawan yang menunggu pemeriksaannya, dan mengatakan dirinya dalam kondisi sehat dan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com