Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Antarkampung Kembali Meletus di Adonara

Kompas.com - 31/10/2012, 10:01 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

LARANTUKA, KOMPAS.com — Perang kembali meletus di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT, antara Kampung Bele di Desa Lewonara dengan Desa Lewobunga, yang sebelumnya adalah musuh dari Desa Lewonara.

Perang meletus, Selasa (30/10/2012), pukul 07.30 WITA, tetapi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya enam unit rumah milik warga Desa Lewobunga dibakar massa dari Lewonara.

Perang antarkampung berawal dari pelemparan bom molotov dan petasan, tetapi belum jelas dari mana asalnya, apakah dari Kampung Bele atau Desa Lewobunga. Dalam perang kali ini, Desa Lewonara yang sejak September lalu berperang melawan Desa Lewobunga ikut bergabung dengan Kampung Bele, melawan Desa Lewobunga.

Pekan lalu, Bupati Flores Timur Yoseph Herin mengikuti upacara adat gencatan senjata antara Desa Lewonara dan Desa Lewobunga. Bupati Herin sempat menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat kedua desa karena kebijakannya meresmikan Desa Riangbunga yang masih disengketakan.

Lewonara dengan Lewobunga memperebutkan tanah yang saat ini dikuasai Desa Riangbunga. Warga desa Riangbunga merupakan pecahan dari Desa Lewobunga.

Lewonara mengklaim tanah yang ditempati Riangbunga adalah warisan leluhur Desa Lewonara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com