Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Jabar Banten Bakal Ekspansi ke Afrika Selatan

Kompas.com - 31/10/2012, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) mendapat tawaran dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Afrika Selatan untuk membuka cabang di Capetown, Afrika Selatan.

"Saat ini kami masih melakukan langkah-langkah lanjutan untuk menindaklanjuti tawaran tersebut. Proses due dilligance pada Desember 2012 atau Januari 2013," kata Direktur Utama BJB Bien Subiantoro di Jakarta (30/10/2012).

Menurut Bien, tawaran tersebut datang dari Kadin Afrika Selatan saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Barat dan BJB menjadi tuan rumah pada September 2012.

Ia mengatakan, ada tiga calon yang akan berpotensi bekerja sama dengan BJB. Salah satunya bergerak di bidang konsumer, sedangkan dua lainnya bergerak di bidang komersial.

Potensi ini besar karena adanya suatu kampung di Afsel yang berisikan orang-orang Makassar. Dengan demikian, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi BJB. "Di Afrika Selatan itu ada kampung yang isinya orang Makassar.  Negara lain juga menawarkan buka cabang di sana," katanya.

Bien menambahkan, Kadin Afrika Selatan juga telah melakukan pembicaraan dengan otoritas perbankan di Afrika Selatan untuk mempermudah ekspansi Bank BJB.

Bien menyampaikan, BJB tengah mempersiapkan dana cadangan akuisisi yang cukup besar tanpa mau menyebutkan angka pastinya. "Pastinya lebih besar dari akuisisi BPR dalam negeri," katanya.

Sebelumnya, BJB telah melakukan akuisisi tiga bank perkreditan rakyat (BPR) di Garut, Cianjur, dan Subang dengan dana sebesar Rp 31 miliar.

Untuk lebih detailnya mengenai akuisisi ini, menurut Bien, nantinya akan dibicarakan lebih khusus lagi bersama dengan Kadin Afrika Selatan. (Arif Wicaksono)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com