Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buang Hajat Kelamaan, Siswa SD Dihukum Jemur

Kompas.com - 30/10/2012, 16:20 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMUJU, KOMPAS.com - Gara-gara buang hajat di sungai terlalu lama, lima siswa SD 002 Salueno, Desa Banuada, Kecamatan Bonehau, Mamuju, Sulawesi Barat dihukum dengan cara dijemur di bawah terim matahari persis di halaman sekolahnya. Selain dijemur, mereka juga disuruh mengongakkan kepalanya ke arah matahari.

Yuniarto, satu dari lima siswa yang dijatuhi hukuman dijemur itu dinilai tidak disiplin alias melanggar aturan sekoah. Meski Yuniarto telah minta izin buang air di luar sekolah, tepatnya di sungai tak jauh dari sekolah, namun Yuniarto dan teman-temannya tetap dikenai hukuman lantaran kepergiannya terlalu lama.

"Dihukum karena terlalu lama tinggalkan sekolah," ujar Yuniarto saat ditanya Kompas.com alasan dirinya dijemur sambil mendongak ke matahari.

Kepala SD 002 Salueno, Mamuju, Damaris mengatakan hukuman bagi kelima siswanya ini adalah hal yang biasa. Hukuman serupa juga kerap diberikan pada siswa lain yang melanggara aturan. Dia menilai hukuman dengan cara mendongak ke arah matahari di halaman sekolah selama berjam-jam adalah hukuman biasa saja yang harus diterima para siswa nakal.

"Dia dihukum jemur karena terbukti melakukan tindakan pelanggaran disiplin sekolah, dan semua siswa yang melakukan pelanggaran juag mendapat hukuman serupa. Agar para siswa yang melanggar bisa menimbulkan efek jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi," tandas Damaris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com