Rabu, 16 April 2014

News / Regional

126 Hewan Kurban di Gresik Didistribusikan

Rabu, 24 Oktober 2012 | 21:35 WIB

Baca juga

GRESIK, KOMPAS.com - Sebanyak 25 ekor sapi dan 101 ekor kambing untuk hewan kurban, Rabu (24/10/2012) dibagikan kepada masyarakat melalui takmir masjid, mushola, pondok pesantren, dan yayasan yatim piatu.

Hewan kurban itu berasal dari dana hibah APBD Gresik, berupa 16 ekor sapi dan 100 ekor kambing. Sementara sembilan ekor sapi dan satu ekor kambing, bantuan dari perusahaan, BUMN, da BUMD di Gresik.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, berharap agar daging kurban ini bisa dibagikan secara merata kepada masyarakat yang berhak menerima.

Ia juga meminta masyarakat ikut mendoakan calon haji asal Gresik yang tengah menunaikan ibadah haji. " Hakikat kurban tak hanya sekedar membunuh hewan, tapi membunuh ego dan membunuh cinta dunia yang berlebih-lebihan," ujar Qosim.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gresik terus memantau lokasi penjualan hewan kurban di berbagai titik, seperti Kompleks Gresik Kota Baru, Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Veteran, Jalan Tridharma, hingga Manyar dan Bungah. Masyarakat diminta teliti memilih hewan kurban agar terpenuhi syarat sahnya kurban.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Reni Bintari, menuturkan, dari hasil pemeriksaan hewan kurban ada sekitar 30 persen yang belum dewasa yakni giginya belum tanggal. Selain itu masyarakat diminta memilih hewan yang bebas penyakit termasuk anthrax.

Pemeriksaan akan dilanjutkan hingga saat penyembelihan, untuk memastikan daging kurban yang didistribusikan ke masyarakat tidak membahayakan untuk dikonsumsi.

 


Penulis: Adi Sucipto
Editor : Agus Mulyadi