Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Kurban Cacat Masih Dijual di Polewali Mandar

Kompas.com - 24/10/2012, 13:36 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Untuk melindungi para konsumen dari perdagangan ternak dan hewan yang tidak layak kurban menjelang Idul Adha yang jatuh pada Jumat (26/10/2012) mendatang, petugas Dinas Peternakan, Pertanian dan Tanaman Pangan Polewali Mandar, Sulawesi Barat terus menggencarkan razia di 300 lebih pusat peternakan sapi di kota ini.

Dari hasil pemantauan petugas ditemukan masih banyak pedagang dan peternak yang memperjualbelikan hewan kurban cacat dan belum cukup umur. Sejumlah pedagang dan peternak terazia petugas di Kecamatan Wonomulyo, mengaku tidak bermaksud menjual hewan tak layak itu. Mereka mengaku hanya menempatkan hewan cacat itu dengan hewan lain yang sudah dibeli konsumen dan akan diambil pemiliknya pada hari H Idul Adha.

"Sampai hari ini kita belum menemukan adanya hewan yang terserang penyakit seperti antraks dan penyakit kuku yang membahayakan kesehatan. Kita hanya menemukan adanya sapi cacat dan belum cukup umur yang dijual pedagang. Padahal mereka sudah dilarang karena tidak memenuhi ketentuan syariat," ujar drh Isnaeni Bagenda.

Kepada para pedagang dan peternak yang menjual hewan kurban tak layak diminta untuk memisahkan sapi-sapi yang tidak layak kurban di tempat terpisah agar tidak menipu konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com