Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heart of Borneo Direncanakan Tahun 2013

Kompas.com - 24/10/2012, 10:56 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

KASONGAN, KOMPAS.com — Pelaksanaan program Heart of Borneo (HoB) di Kalimantan menunggu persetujuan para kepala daerah tiga provinsi. Program pemanfaatan hutan berkelanjutan dan konservasi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat itu diperkirakan bisa diterapkan pada tahun 2013.

Ketua Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) HoB Andi Novianto di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalteng, Rabu (24/10/2012), mengatakan, badan perencanaan daerah (bappeda) tiga provinsi itu memberikan sambutan yang positif terhadap HoB. Namun, persetujuan gubernur tetap diperlukan.

"Saat ini, kami perlu konsolidasi lagi. Saya tidak tahu apakah ada yang perlu ditunggu para gubernur untuk memberikan persetujuan," katanya.

Jika mengacu pada target, proses pengurusan HoB seharusnya selesai pada akhir tahun 2012. Akan tetapi, mempertimbangkan perkembangan sejauh ini, HoB diprediksi baru bisa direalisasikan pada tahun 2013. Sebagai kawasan strategis nasional, kajian ilimiah terhadap HoB juga sedang dilakukan.

Setelah disetujui, HoB akan diajukan kepada Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN). Jika semua tahap sudah selesai, payung hukum HoB akan dibuat berupa peraturan presiden (perpres). Penerapan HoB dengan payung hukumnya membuat kegiatan konservasi lebih teratur dan terorganisir.

Bupati Katingan, Kalteng, Duwel Rawing mengatakan, peningkatan peran serta semua komponen masyarakat diperlukan untuk mendukung rencana strategis kelompok kerja HoB sesuai konsep ekonomi hijau. Konsep itu bertujuan antara lain untuk mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan menyediakan pekerjaan layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com