Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Kereta Api Dialihkan Lewat Jalur Utara

Kompas.com - 23/10/2012, 21:43 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Perjalanan sejumlah keberangkatan kereta api dialihkan ke jalur utara setelah putusnya jalur Solo-Yogyakarta akibat anjloknya kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Selasa (23/10/2012) pukul 16.45 WIB.

Seorang petugas loket penjualan tiket kereta di Stasiun Solo Balapan, Oki, di Solo, Selasa, mengatakan, KA Bisnis Senja Utama yang seharusnya berangkat pukul 18.00 WIB diberangkatkan pukul 19.50 WIB dengan membawa 269 penumpang lewat uitara.

"Ada enam penumpang yang harusnya turun di Purwokerto, diminta menukarkan tiket, diganti dengan uang 100 persen," katanya.

Jalur utara yang dilintasi KA dengan 10 gerbong termasuk gerbong restorasi itu meliputi Solo-Semarang-Cirebon-Jakarta.

 

Begitu juga dengan KA Gaya Baru Malam jurusan Malang-Jakarta dan KA Kahuripan jurusan Kediri-Bandung. Kedua KA tak melewati stasiun Purwosari karena dialihkan ke utara. Para penumpang diarahkan ke Stasiun Jebres yang dilewati KA tersebut.

"Mohon maaf, KA Gaya Baru dan Kahuripan tidak lewat jalur selatan. Kedua kereta itu lewat jalur utara. Jadi bapak ibu silahkan naik dari stasiun Jebres," kata Dede, petugas Stasiun Purwosari.

Beruntung, pihak stasiun bertanggung jawab pada para penumpang. Mereka dicarikan angkot oleh petugas untuk menuju Stasiun Jebres yang jaraknya sekitar lima kilometer.

Petugas sebenarnya memberikan tawaran bagi penumpang yang ingin membatalkan perjalanan untuk mengembalikan tiket. Namun para penumpang lebih memilih untuk tetap melanjutkan perjalanan mereka.

"Saya harus berangkat malam ini juga, soalnya besok ada acara keluarga di Bandung," kata Isnaini, salah satu penumpang sambil membawa kardus.(Tribun Jogja/ Ikrob Didik Irawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com