Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo, Warga Papua Bentrok dengan Polisi

Kompas.com - 23/10/2012, 15:03 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Ratusan massa yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bentrok dengan aparat Polres Manokwari dalam unjuk rasa mendukung sidang International Lawyers For West Papua di Inggris, Selasa (23/10/2012) di depan kampus Universitas Negeri Papua (Unipa).

Awalnya unjuk rasa ini berlangsung aman. Namun massa mulai emosi saat salah satu anggota kepolisian mengambil gambar para demontran. Massa yang emosi langsung menerobos blokade aparat. Saling serang antara kedua kubu pun tak dapat dihindari.

Polisi yang terdesak akibat serangan batu para demonstrans, kemudian menembakan tembakan peringatan ke udara. Akibat bentrokan ini, 4 polisi terluka akibat terkena lemparan batu. Demikian juga dengan sejumlah pengunjuk rasa lainnya. Polisi kemudian mengamankan 11 pengunjuk rasa.

Bentrokan mulai mereda setelah Wakil Kapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw dan Kapolres Manokwari AKBP Agustinus Supriyanto datang ke lokasi kejadian untuk menenangkan para pendemo. Arus lalu lintas yang semua lumpuh selama lebih lima jam, mulai berangsur normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com