Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

Pos TNI Perbatasan RI-Timor Leste Bakal Terang

Jumat, 19 Oktober 2012 | 21:07 WIB

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Pasukan TNI penjaga perbatasan antara wilayah RI dengan Timor Leste dalam waktu dekat, akan mendapatkan bantuan penerangan gratis berupa lampu solar cell (panel surya) dari PLN wilayah NTT. Panel surya ini akan diberikan untuk 11 pos TNI, melalui PLN Kefamenanu.

Jenis bantuan yang akan diperoleh itu diantaranya satu unit sollar cell ukuran besar dengan daya tampung baterai 2x150 amper serta sebuah aki, satu unit televisi LCD ukuran 21 inchi dan parabola untuk setiap pos TNI.

"Ya, memang bantuan itu khusus untuk 11 titik pos yang berada jauh dari jaringan kabel listrik, barangnya sudah ada, hanya tunggu waktu distribusi dan instalasi saja," beber Supervisor Service Point PLN Cabang Kefamenanu, Anang Taufiqi, Jumat, (19/10/2012).

Menurut Anang, bantuan tersebut diberikan secara gratis untuk membantu anggota TNI yang bertugas di wilayah perbatasan. Pasalnya sebagai beranda RI terdepan tentunya merupakan cerminan wajah bangsa Indonesia.

Bantuan panel surya gratis itu mendapat sambutan hangat dari pasukan Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonif 312/Kala Hitam. Sebab, selama ini sebagian pos TNI hanya menggunakan lampu penerangan seadanya.

"Kita masih tunggu surat pendistribusian dari komando atas. Ya, memang kita dapat bantuan tapi belum tahu jenisnya apa saja," papar Kapten Infanteri Chandra, Wakil Komandan Satgas Pamtas Pamtas RI-RDTL Yonif 312/Kala Hitam.

Kesebelas pos yang mendapatkan bantuan panel surya itu antara lain Pos Wini, Pos Napan Bawah, Pos Inbate, Pos Nino, Pos Inbate, Pos Baen, Pos Haumeni Ana, Pos Nilulat, Pos Manusasi, Pos Oelbinose dan Pos Aplal. Hasil pantauan Kompas.com sebelumnya, sejumlah pos TNI yang berada di sepanjang garis perbatasan tak miliki penerangan layak. Mereka hanya menggunakan penerangan seadanya.


Penulis: Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere
Editor : Farid Assifa